Literasi (penjelasan lengkap)

Halo guys tidak asing dengan kata literasi? tapi apa sih yang dimaksud literasi itu? sebagian orang memahami kata literasi adalah kemampuan lebih seseorang dalam berbagai hal termasuk cara berpikir.

Namun tidak sebatas itu loh, ketika di telaah lebih dalam literasi memiliki banyak cabang, dalam pengertian menurut para ahli saja bisa beda-beda.

Tidak sebatas itu kita akan bahas lebih lanjut mengenai kata yang satu ini hingga ke jenis tujuan manfaat prinsip dan contoh literasi, yuk check this out.

Arti Literasi

Apa sih yang dimaksud dengan literasi / literacy (dalam bahasa inggris)?

Literasi berasal dari bahasa latin literatus yang berarti orang yang belajar, sedangkan menurut kamus Merriam – webster literasi/ literacy dalam bahasa inggris memiliki arti the ability to read and write ( kemampuan untuk menulis dan membaca )

Literasi adalah suatu ketrampilan serta kemampuan individu dalam memahami dan memproses suatu informasi yang masuk.

itu adalah pengertian literasi secara umum, namun alangkah baiknya kamu membaca arti literasi menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Literasi menurut para ahli

Yuk simak apa yang dimaksud dengan literasi menurut para ahli ini.

Menurut Elizabeth Sulzby (dosen dengan berpuluh-puluh penelitian)

Menurut Elizabeth Sulzby pengertian dari literasi adalah kemampuan berkomunikasi mencangkup (membaca, menulis,menyimak berbicara) dengan cara tertentu sesuai tujuannya.

Literasi menurut Harvey J.Graff

Menurut Harvey J.Graff (2006) literasi adalah kemampuan dari dalam diri seseorang untuk membaca dan menulis, tidak jauh berbeda dari definisi yang di berikan oleh Elizabeth.

Menurut Jack Goody

Begitu juga menurut Jack Goody literasi adalah masih tetap tentang kemampuan seseorang dalam menulis serta membaca.

Merriam Webster (kamus terpercaya sejak tahun 1828)

Menurut Merriam literasi adalah suatu kemampuan serta kualitas seseorang dalam hal melek aksara mencangkup kemampuan untuk membaca menulis serta memahami ide-ide secara visual.

Menurut UNESCO

Literasi menurut UNESCO adalah seperangkat ketrampilan yang nyata, khususnya ketrampilan kognitif dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks di mana, dari siapa serta bagaimana ketrampilan yang dimaksud diperoleh.

Alberta

Menurut Alberta literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam membahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

National institute for literacy

Menurut National institute for literacy literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan keluarga hingga masyarakat.

Education Development Center (EDC)

EDC (Educational Development Center) memberikan pengertian bahwa literasi bukan sekedar kemampuan baca tulis, namun literasi adalah kemampuan individu orang untuk menggunakan segenap kemampuan,potensi serta skill yang dimiliki dalam hidupnya. dengan ruang lingkup literasi tidak hanya membaca kata namun juga membaca dunia.

Contoh literasi

Berikut adalah beberapa contoh literasi dalam ruang lingkup sekolah hingga masyarakat

  • Pembuatan poster, membantu banyak orang untuk memberikan slogan menarik sehingga meningkatkan literasi kosa kata orang yang melihat poster tersebut.
  • Pembuatan buletin disekolah, membantu siswa meningkatkan skill literasi dalam bidang kepenulisan.
  • Diberlakukannya jam wajib ke perpustakaan, dengan tujuan untuk menarik siswa agar memiliki minat baca yang tinggi.
  • Pembuatan kata-kata motivasi dalam kelas.

Ketika melihat begitu luasnya pengertian literasi, tentu akan sangat banyak ketika disebutkan secara lengkap karena itu penulis hanya memberikan beberapa contoh literasi diatas.

BACA JUGA : Arti badmood

Jenis literasi

Penggunaan istilah literasi memang bisa dipakai dalam banyak bidang, meskipun begitu tapi semuanya tetap mengacu pada arti literasi sendiri, nah berikut adalah jenis-jenis literasi.

Literasi Dasar

Literasi dasar adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk membaca,menulis, mendengarkan serta menghitung. Dan peran literasi disini adalah untuk meningkatkan 4 aspek kemampuan tersebut.


Literasi perpustakaan

Literasi perpustakaan adalah kemampuan seseorang dalam memahami berbagai hal tentang perpustakaan, mulai dari jenis buku, cara menggunakan katalog hingga index buku dan sebagainya.


Literasi media

Literasi media adalah kemampuan seseorang untuk memahami berbagai macam media yang ada dari media elektronik hingga media cetak. serta sejauh mana ia memahami cara pemanfaatan serta penggunaan media tersebut

Literasi teknologi

Literasi tekonlogi adalah kemampuan seseorang untuk memahami tentang teknologi, serta sejauh mana pengetahuan mereka tentang teknologi dan mengerti pula bagaimana etika menggunakan sebuah teknologi.

Literasi visual

Literasi visual adalah pemahaman serta kemampuan seorang individu dalam memahami makna serta informasi yang ia terima dalam bentuk gambar atau yang sifatnya visual.

Literasi finansial

Literasi finansial adalah suatu kemampuan dalam memahami serta melakukan penilaian terhadap hal yang terjadi dalam konteks ini adalah finansial, serta bagaimana penataan finansial yang efektif serta kemampuan seseorang dalam pengelolaan uang yang baik.

Literasi Informasi

Literasi informasi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengenali serta melakukan penggunaan informasi dalam waktu yang tepat.

Serta kemampuan individu untuk mengevaluasi kemudian mengomunikasikan informasi yang didapat tersebut kepada orang lain dengan cara yang paling mudah dipahami.

Tujuan literasi

Literasi ini memiliki tujuan literasi yang sangat baik loh guys, di antaranya yaitu

  • Menumbuhkan minat baca di sekolah dan masyarakat
  • Mencipatkan pribadi individu yang berbudi pekerti luhur
  • Membuat orang lebih berpikir kritis terhadap informasi yang diterima
  • Meningkatkan pengetahuan dari banyak membaca
  • Menambah pemahaman seseorang ketika sedang membaca
  • Meningkatkan kemampuan individu ketika memberikan nilai terhadap suatu karya tulis.

Manfaat Literasi

Dengan tujuan yang baik, pasti memberikan manfaat yang baik pula, dan berikut adalah manfaat dari literasi.

  • Menambah kosa kata, sehingga lebih mudah memahami suatu kalimat
  • Meningkatkan kinerja otak
  • Meningkatkan kemampuan verbal (kemampuan menghubungkan antar kosa kata serta kecepatan dalam menerima kata-kata tertentu)
  • Melatih kemampuan otak untuk dapat berpikir kritis ketika menghadapi suatu persoalan.
  • Mampu membuat tulisan dengan serangkaian kata yang bagus.
  • Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Membantu memahami makna suatu makna informasi yang diterima dengan lebih baik.

Prinsip Literasi

Berikut adalah prinsip-prinsip yang di anut oleh istilah literasi ini

Program literasi itu sifatnya harus berimbang

Begitu menerapkan program literasi maka sifatnya harus berimbang sebagai contoh ketika mengadakan program ini dalam upaya meningkatkan minat baca,

Maka harus dilakukan secara berimbang dengan memberikan berbagai jenis teks bacaan untuk dinikmati para siswa.

Literasi mengajarkan bahwa bahasa verbal adalah hal penting

Dengan melakukan penerapan literasi maka secara tidak langsung literasi ini akan mengajarkan bahwa komunikasi itu sangat penting,

Apa lagi dalam hal diskusi yang dilakukan dalam kelas hal ini sangat membutuhkan kemampuan komunikasi, pengemukaan pendapat serta berpikir kritis.

Toleransi terhadap keberagaman adalah hal yang penting

Literasi mesti dilakukan sehingga siswa mampu menghargai sebuah keberagaman, untuk melakukannya bisa dilakukan mulai dari memberikan buku-buku yang bertema keberagaman bangsa Indonesia.

Secara ringkasnya pengertian dari lilterasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca buku hingga situasi serta langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

Nah, diatas sudah kita bahas lengkap dari arti literasi, pengertian literasi menurut para ahli, Jenis literasi prinsip hingga contoh literasi, semoga bermanfaat.

3 pemikiran pada “Literasi (penjelasan lengkap)”

  1. Wih keren banget, artikelnya. Walaupun singkat² tapi jelas untuk dipahami. Jadi ternyata selama ini aku udah nerapin literasi ya, Kak. Cuma ngga nyadar aja. Kukira literasi itu kalo udah nerbitin buku novel atau buku pelajaran gitu. Soalnya aku mikirnya literasi itu cuma tentang menulis aja . Ternyata lebih luas daripada itu. Btw, makasih banyak, Kak atas informasinya.

    Balas
    • Baik kak, sama-sama.

      Memang literasi itu sifatnya luas banget dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi jenis literasi di jaman yang akan datang

Tinggalkan komentar