Apa Itu Introvert?

Banyak orang yang hanya mengerti istilah introvert tapi sedikti yang mengerti dengan jelas, apa itu introvert.

Yang selama ini terjadi adalah seorang yang introvert selalu dikaitkan dengan pribadi yang pendiam serta pemalu. padahal yang seperti itu belum tentu hal yang tepat.

Sebagai permulaan pertama kali “introvert” ini di kenalkan oleh seseorang psikolog sekaligus psikiater asal Swiss Carl Jung melaluli bukunya yang berjudul “Psychologische Typen”

Selain introvert ia juga mengenalkan pengelompokan kepribadian ekstrovert dan ambivert( tengah-tengah).

Secara garis besar seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung menyukai suasana yang minim dari keramaian, dan lebih suka menyendiri untuk kembali mengisi energinya.

Sedangkan ekstrovert adalah pribadi yang suka dengan suasana keramaian dan cenderung suka mengisi ulang energinya bertemu orang atau berada di antara keramaian.

Apa itu kepribadian introvert?

Introvert adalah salah satu dari 3 tipe kepribadian manusia dan orang yang memiliki kepribadian ini cenderung lebih berfokus dan introspektif terhadap dirinya sendiri.

Dan ia tidak mudah mendapat pengaruh eksternal, karena ia akan lebih memilih pendapatnya sendiri.

Karena sifat ini pemilik kepribadian introvert sering dikaitkan dengan orang yang pemalu dan pendiam, padahala tidak seperti itu.

Seseorang yang introvert tetap orang yang biasa berinteraksi dan bersosial sebagaimana umumnya manusia, hanya saja ia akan kembali menyendiri untuk mengisi tenaganya.

Next, dengan mengetahui tipe kepribadian yang kita miliki, dapat membantu untuk mengembangkan potensi diri kita, apalagi di tambah dengan teori belajar behavioristsik yang terbukti ampuh merubah sikap menjadi lebih baik.

Berikut adalah ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian introvert ini.

Ciri-ciri introvert

Nah, untuk lebih memahaminya berikut ciri-ciri introvert yang akan membantumu mengerti tipe kepribadian yang satu ini guys.

Bagi orang introvert berkumpul banyak orang itu melelahkan

Bukannya pemalu atau pendiam ya guys seseorang yang introvert akan mudah merasa lelah ketika bertemu dengan banyak orang, meskipun begitu ia bukan berarti tidak suka bersosialisasi.

Hanya saja ia mengerti batas dirinya, sehingga ia harus segera kembali menyendiri untuk mengisi ulang tenaganya kembali.

Kesendirian membantunya memulihkan energi.

Tipe kepribadian yang satu ini pasti cenderung menyukai kesendirian guys, selain suka ia butuh waktu menyendiri untuk kembali mengisi energi, memulihkan kesehatannya.

Lingkar pertemanannya kecil tapi mereka semua sangat dekat.

Si introvert ini cenderung hanya memiliki teman yang itu itu aja guys, yang sering jadi salah paham di kalangan umum adalah introvert tidak suka dengan orang lain.

Padahal bukan seperti itu ia lebih suka berkumpul dengan orang-orang dekatnya daripada berkumpul dengan banyak orang.

Karena itu ia lebih memilih untuk langsung mengatakan yang to the poin tanpa basa-basi demi menghindari hal-hal yang menurutnya kurang penting untuk menghemat energinya.

Lebih banyak menggunakan pikiran

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung lebih banyak menggunakan pikiran dan lebih aktif menggunakan pikirannya.
karena ia akan jauh berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Sangat jeli dengan lingkungan sekitar

Orang introveert akan memiliki perhatian lebih dengan setiap suasana maupun detail tempat ia berada, karena itu ia tak jarang disebut sebagai orang yang penuh perhatian.

Introvert itu kreatif, ia lebih banyak menggunakan pikiran.

Tipe pribadi yang ini adalah orang yang kreatif, karena ia adalah orang yang sangat menggunakan pikirannya, bahkan sebelum berbicara, karena hal itu lah, ia mampu menciptakan ide-ide fresh yang cemerlang.

Introvert itu orangnya introspektif

Ciri-ciri tipe kepribadian ini adalah ia suka introspektif terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungan sekitar.

Bahkan saking introspektifnya ia suka menganalisis dan selalu ingin mengerti lebih dalam tentang sesuatu hal.

Sering kali bikin orang salah faham

Karena sifatnya sebagai orang yang berfikir keras, ia sering bikin salah paham orang, kebanyakan orang akan mengira si introvert ini pendiam, cuek, bahkan sombong, padahal ia sedang memilih sekaligus menganalisis kata-kata yang akan di ucapkan.

Sulit banget untuk bosan

Tipe pribadi introvert ini akan sulit banget buat bosan, pasalnya mereka sangat menyukai dengan kesendirian, bahkan meraka sangat butuh untuk menyendiri.

Memilih melakukan aktivitas dalam kesendiran, atau mungkin lebih suka berkumpul dengan orang-orang dekat termasuk keluarga.

Introvert itu pendengar yang baik

Dari sifatnya yang mesti berpikir dulu sebelum berbicara, orang dengan kepribadian introvert memiliki kelebihan, ia adalah pendengar yang baik.

Dan ia sangat suka mendengarkan cerita dari orang lain, namun ia cenderung menutup diri dari menceritakan dirinya sendiri kepada orang lain.

Sering dibilang anti sosial padahal selektif dalam pergaulan.

Nah guys, salah satu hal yang bikin orang lain salah paham pada tipe pribadi ini adalah ia sering di bilang anti sosial.

Padahal faktanya dia itu selektif dalam pergaulan loh, orang dengan tipe pribadi ini tidak terlalu menyukai berinteraksi dengan orang banyak guys, jadi mereka sangat selektif dalam pergaulan.

Ceritanya hanya terbuka pada orang-orang terpercaya

Introvert itu, ia tidak akan menceritakan tentang dirinya pada sembarang orang, ia hanya akan bercerita kepada orang yang dipercayainya, karena menurutnya privasinya itu sangat penting, ia tidak ingin hal tersebut di ketahui oelh banyak orang.

Cenderung sedikit berbicara tapi banyak menulis

Orang yang memiliki kepribadian ini, ia akan cenderung nyaman untuk menulis dari pada berbicara, jika dalam konteks chat ia leblih memilih menulis teks dari pada VN maupun telpon.

Dengan sifatnya yang seperti itu ia biasanya memiliki potensi untuk menjadi penulis, selain itu introvert biasanya juga pribadi yang kritis.

BACA JUGA : Badmood , Begini Cara Mengatasinya

Kelebihan introvert

Mungkin dikalangan umum pemilik tipe kepribadian introvert ini biasa di kambing hitamkan, namun jangan sedih jika kamu adalah pemilik pribadi ini berikut adalah kelebihan seorang introvert.

  • Pandai menyimpan rahasia, cocok buat tempat bercerita.
  • Tidak banyak basa-basi langsung to the point.
  • Berbakat sebagai pendengar yang baik.
  • Sedikit memiliki teman sih, tapi semua dekat dan akrab banget.
  • Kreatif, karena ia sering menggunakan pikirannya.
  • Gampang fokus, tidak mudah terpengaruh.
  • Berbakat jadi pemimpin yang bijak, karena cenderung menganalisis sebelum berbicara.
  • Mudah untuk memotivasi di sendiri, tanpa perlu dorongan motivasi ekstrintik.
  • Imajinatif dan mampu memunculkan ide-ide cemerlang.
  • Mandiri, karena ia suka melakukan banyak hal sendiri.
  • Tidak mudah terbawa emosi, ia akan memperhatikan dan menganalisis lebih dahulu.
  • Introvert itu pemikir keras ia mampu memberikan solusi dan jalan keluar pada masalah.
  • Mampu melihat sisi lain dari suatu kejadian dan keadaan.
  • Perasaan keponya menjadikannya mengerti banyak hal.

Dan itulah sekilas mengenai apa itu introvert, beserta ciri-ciri serta kelebihannya.

Ada satu hal yang mesti kamu ketahui bahwa tidak tipe kepribadian introvert ini sifatnya tidak mutlak begitu juga dengan ekstrovert, hanya saja setiap orang pasti memiliki salah satu yang paling dominan.

Adakalanya si introvert ini butuh waktu untuk berkumpul dengan orang banyak, dan ada kalanya si ekstrovert butuh waktu untuk menyendiri.

Namun kamu bisa mengetahui seseorang introvert dengan ciri-ciri yang sudah di sebutkan di atas, terima kasih.

Artikel Terkait
9 Shares

2 pemikiran pada “Apa Itu Introvert?”

Tinggalkan komentar