(banquet) pengertian, jenis dan pembagian dalam dunia perhotelan

Konten [Tampil]
untuk intermezzo tentang banquet adalah bagian dari pelakasanaan acara yang telah di pesan oleh orang lain kepada pihak hotel

menurut wikipedia banquet pelayanan suatu acara yang sudah di pesan dan di rencanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan-minuman ruangan dan kelangkapan peralatan yang di butuhkan di waktu tertentu.

banquet adalah


Pengertian banquet 


dalam dunia perhotelan banquet adalah organisasi bagian hotel yang mengurusi suatu acara mewah yang diselenggarakan di ruangan khusus biasanya dengan makanan dan fasilitas yang serba mewah pula.

banquet sendiri biasa di gunakan ketika ada acara acara mewah dan penting seperti resepsi pernikahan, meeting, maupun rapat rapat hal yang penting yang membutuhkan jamuan makanan untuk orang banyak.

sesuai dengan kesepakatan pihak hotel dengan pihak pemesan.

Pembagian kelompok banquet


dalam organisasi pastinya diperlukan susunan pengurus agar berjalanannya operasional dengan lancar dan sesuai prosedur, berikut pembagian dari banquet tersebut.

Banquet manager


tugasnya adalah mengkoordinir segala staff di bawahnya agar pelayanan banquet memuaskan semua tamu sekaligus pemesan. serta bertanggung jawab dari persiapan sampai proses banquet selesai

Asistan manager banquet


tugasnya hampir sama dengan manager, menggantikan manager apabila berhalangan hadir. dan mengawasi berjalannya banquet serta memberikan briefing kepada staff di bawahnya.

secretary banquet

membantu tugas banquet manager dalam mencatat laporan laporan kegiatan, sekaligus keluhan maupun saran dari para tamu.

banquet supervisior


menyiapkan segala kebutuhan banquet mulai dari persiapan sampai ke tamu, berhubungan erat dengan bagian dapur dan perlengkapan, membantu dan bertanggung jawab langsung kepada banquet manager ats berlangsungnya acara

banquet captain

bertanggung jawab terhadap keadaan yang terjadi ketika pelaksanaan banquet, membuat jadwal sekaligus tugas sesuai jabatan masing-masing.

membuat skema acara sekaligus tata ruangan atau dekorasi.

membuat laporan tentang kekurangan atau kesalahan selama opersional banquet kepada supervisior dan manager.

banquet waiter


melaksanakan tugas dari captain, serta memastikan kelengkapan perlengkapan yang di butuhkan mulai dari sendok piring gelas dan lain lain.

banquet head waiter


mengkoordinir waiter sesuai tugas mereka. membriefing para waiter sebelum acara di mulai, serta mengajukan anggaran jika perlangkapan memang belum mencukupi.

banquet bush boy 


membantu tugas dari waiter , karena itu waiter harus mengkoordinasi para bush boy.

dari semua pembagian tugas kerja banquet di atas mereka memilki hubungan masing masing dengan section lain hotel antara lain,


  • kitchen departemen
  • housekeeping departemen
  • engineering departemen
  • front office departemen
  • florist
  • sales and marketing departemen
  • av audio visual
  • security departmen


banquet berdasar ruangan yang digunakan di hotel


banquet hall 


ruangan untuk acara atau pesta dimana dalam pelaksanaannya nanti acara sekaligus jamuan makannya dilakukan dalam satu ruangan tersebut.

meeting room


seperti namanya ruangan ini di gunakan untuk acara rapat, konferensi atau seminar, dan untuk proses jamuan makanannya tetap dilakukan dalam ruangan tersebut

kesimpulan banquet


banquet adalah suatu jamuan makanan yang dilakukan oleh pihak hotel kepada pemesan banquet dimana dalam banquet tersebut memiliki susunan pelaksana tersendiri agar maksimal dalam pengoperasian banquet tersebut.
Niam Amm Blogger dan Content Creator yang senang mempelajari hal-hal baru dalam dunia internet.

0 Response to "(banquet) pengertian, jenis dan pembagian dalam dunia perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel