jangan dulu mulai usaha sebelum kamu punya mindset pengusaha

kenapa bisa ada orang yang berhasil dalam memulai usaha dan ada yang gagal?

banyak sekali faktor yang mempengaruhi seseorang kenapa bisa berhasil dan gagal

salah satunya adalah mindset.

berikut saya jelaskan bagaimana mindset sangat mempengaruhi.



ada seorang ayah yang sebelum meninggal memberikan wasiat pada kedua anaknya.

"nak, jika kamu ingin sukses saya berpesan pada kalian berdua,

1. ketika bekerja jangan sampai kamu terkena sinar matahari
2. jangan pernah sekalipun memberikan hutang kepada orang lain"

kehidupanpun berlanjut sang anak merantau dan menjalani kehidupan mereka masing masing tahun demi tahun berlalu

yang terjadi adalah satu anak sukses kaya raya dan anak kedua sangat miskin dan gagal

apayang membedakan? ternyata meraka berdua memaknai wasiat ayah mereka dengan mindset yang berbeda.

anak pertama mengartikan pesan ayahnya dengan

1. dia pulang dan pergi ke kantor dengan naik taksi agar tidak terkena sinar matahari
2. dia tetap memberikan hutang kepada orang lain tapi tidak menagihnya sehingga hartanya banyak di hutang oleh orang lain dan banyak yang tidak di kembalikan.

anak kedua mengartikan pesan ayahnya dengan

1. karena dia tidak boleh terkena sinar matahari akhirnya sang anak ketika ke kantor berangkat pagi sebelum matahari terbit, dan pulang setelah matahari terbenam.
2. karena dia tidak boleh menagih hutang pada siapapun dia tidak memberikan hutang pada siapapun.

terlihat beda banget bukan padahal menanggapi satu kenyataan yaitu wasiat ayahnya.

tapi begitu ditanggapi dengan mindset yang berbeda akan berbeda pula hasilnya.

itulah pentingnya mindset. kita boleh dihadapkan masalah yang sama dengan orang lain. tapi beda mindset dalam menghadapi masalah tersebut. beda pula sikap untuk menghadapi masalah tersebut.

kembali ke mindset pengusaha.

karena banyaknya kejadian kejadian yang pasti terjadi dalam usaha, kita harus memiliki mindset yang tepat pula agar tidak salah dalam menanggapi hal tersebut.

berikut contoh dan mindset yang harus anda miliki jika ingin jadi pengusaha.

Tidak ada yang instan


ekspetasi : menjalankan usaha, usaha jalan di tinggal jalan-jalan

realita : boro boro mau di tinggal jalan jalan, di tunggu aja masih banyak masalah

mindset : memang tidak ada yang instan, jika pengen yang instan gak usah jadi pengusaha jadi karyawan saja. gajian tiap bulan udah pasti.

mungkin usaha ini memang belum bisa jalan sendiri, ini berarti saya harus menemukan solusi bagaimana caranya agar ini bisa jalan, dan saya bisa jalan jalan.

Anak buah gak bener mulu


ekspetasi : punya karyawan kerja bagus memuaskan.

realita : buat laporan aja salah mulu

mindset : yah memang sih karyawan saya masih salah mulu buat laporan, tapi selama attitude dia baik saya akan terus mengajari dia agar lebih teliti dan produktif dalam kerjanya.

Segera buka cabang dan lipat gandakan penghasilan

ekspetasi : setelah satu usaha ini udah ok segera buat cabang baru biar penghasilan meningkat.

realita : gimana mau buka cabang yang ini aja masih ruwet mulu

mindset : pokok nya saya harus menemukan cara bagaimana menyelesaikan ini, begitu selesai saya bisa buka cabang.

mungkin ini pelajaran agar nanti ketika buka cabang 3,4 dan seterusnya bisa lebih cepat lagi.

Mudah memenangkan pasar dan penjualan meningkat

ekspetasi : usaha jalan mulus,dagangan laris manis sainganpun enteng, malah bahkan gak kepikiran kalau ada saingan

realita : saingan banyak dan terus menurus meningkatkan value produknya

mindset : pokoknya saya harus menemukan gimana caranya produk saya harus lebih unggul, sebagus bagusnya produk orang lain pasti masih ada yang bisa di tingkatkan dan saya masukan dalam produk saya sehingga lebih unggul

bonus mindset buat calon pengusaha sukses


pengusaha sukses tidak kenal putus asa, putus asa sama dengan menolak keberhasilan


ketika kamu memutuskan untuk jadi pengusaha, hapus kata putus asa dari kamus kehidupan.

kamu harus berjuang sampai titik darah penghabisan.

tapi banyak sekali orang orang di luar sana berhenti di tengah jalan kerana mereka punya kendaraannya tapi ada dua hal yang seharusnya ditentukan di awal tapi, yaitu:mau kemana dan kenapa kenapa pergi ke situ?

sukses tidak diraih dalam waktu semalam, kamu harus membayarnya dengan tenaga

hari ini buka usaha paling juga bulan depan mulai ada halangan wajarlaah namanya usaha pasti naik turun, dan paling juga bulan depannya udah naik lagi dan terus naik kemudian saya sukses.

jika anda masih berpikiran seperti itu atau hampir sama dengan itu, ada yang harus dibenerin dahulu tentang mindset anda,

dalam pola keberhasilan TPFFB dijelaskan minimal anda pasti melewati proses hambatan cobaan dan fase frustasi dua kali

walaupun sering kali dalam kenyataannya lebih sih

tapi intinya cobaan itu akan terus ada, dan asyiknya cobaan tersebut adalah yang akan mengangkat anda ke tingkat yang lebih tinggi.

sebagai pengusaha pemula,fokus pada banyaknya uang hanya akan menghambat kinerja anda


namanya buka usaha ya yang pasti cari uang, betul. jika anda berpikiran seperti itu saya sangat setuju sekali. tapi jika orientasi anda hanya berfokus pada uang, anda akan sulit berkembang.

jika banyak nya uang di rekening adalah patokan sukses, maka perampok maling dan sejenisnya jauh lebih sukses bahkan bisa jadi lebih sukses dari anda sekarang.

bukan itu, tapi sebagai pengusaha anda harus berfokus pada produk atau pelayanan anda.

selama kedua hal tersebut bagus uang pun akan mengikuti anda dengan sendirinya.

dalam istilah jawa " gak usah kangelan gae longan cukup gae mejo longan e enek dewe"

artinya : tidak perlu buat kolong cukup buat mejanya nanti kolong nya akan ada sendiri.

kalau udah mutusin jadi pengusaha ya harus komitmen


semangat di awal nya doang berjalan dikit ada hambatan dikit udah nyerah aja, gitu kok mau jadi pengusaha

itu artinya mental kamu belum siap jadi pengusaha yang sukses.

dan mental itu harus dilatih dengan komitmen yang kuat, jadi pengusaha itu harus ngeyel dan ngotot.

mungkin kalau bapak Harland Sanders founder KFC tidak ngotot sampai ditolak lebih dari 1000 orang ketika menawarkan ayam gorengnya..

kalau Harland Sanders gak komitmen dengan ayam gorengnya..

gak mungkin kamu bisa kenal kfc sekarang.

pokoknya komitmen titik.

gak usah lihat kanan kiri gak usah lihat rumput tetangga dan yang paling penting dari komitmen ini adalah tidak mencoba rumput tetangga,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "jangan dulu mulai usaha sebelum kamu punya mindset pengusaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel