✓kuliah sambil kerja, pertimbangan apa sih yang perlu di pikirkan?

Seringkali terlintas di pikiran kita untuk menjalani masa pendidikan sambil bekerja terutama pada masa masa kuliah.

Kamu pun pasti juga begitu iya kan? Buktinya kamu mencoba membaca artikel ini.

Kuliah sambil bekerja


Enak sih, lumayan bisa bermanfaat buat ngeringanin beban orang tua, apalagi sampe biaya sekolah dapat kita penuhi sendiri tanpa minta lagi sama orang tua.

Asyiknya lagi pasti kita akan dapat pengalaman sekaligus bertemu dengan orang orang baru yang dapat menambah channel kita, pastinya dapat bermanfaat buat masa depan setelah lulus nanti. Setuju?

Eits, walaupun banyak keuntungan yang akan kita dapat ketika kuliah sambil bekerja, namun banyak juga lo resikonya.

Karena itu ada baiknya buat pertimbangan yang matang sebelumnya. Dari pada nanti menganggu proses belajar dan waktumu berantakan tidak karuan.

Bagaimanapun juga belajar harus tetap menjadi prioritas dan bekerja hanyal menjadi sampingan.

Hal hal yang perlu di pertimbangkan secara umum sebelum kuliah sambil bekerja

1. Pekerjaan apa ya?

"Kuliah dari jam segini sampai jam segini, kerjaan part time apa ya yang pas?" Dan pertanyaan pertanyaan yang lain.

Oke,

Tips dari saya ketika ingin memilih perkerjaan sampingan kuliah lebih baik ambil pekerjaan sesuai dengan bidang yang sedang kamu pelajari (kalau tidak sesuai ya jangan jauh jauh amat lah ya), Kuliah di bidang desain ada baiknya kamu coba buka jasa pembuatan logo online, desain grafis dan sejenisnya.

Kalau tidak ada, sebaiknya bekerjalah susuai dengan apa yang kamu sukai, teman saya ada yang suka make up diapun berjualan bedak dan sejenisnya ke temen temen kampusnya dan di pasarkan online.

Karena kita pasti tidak akan merasa terbebani dan kesulitan jika kita menyukai apa yang kita kerjakan.

Selain itu cobalah untuk memilih pekerjaan dimana bos nya mengerti tentang keadaan mahasiswa, dengan begitu ketika kamu ada keperluan mendadak di kampus akan mudah mendapat keringanan dari bosmu.

Ingat, jangan mudah tertarik dengan pekerjaan yang auto sultan auto kaya, cara cepat kaya mendadak,  MLM dan sebagainya saya punya pengapaman buruk tentang MLM bisa kamu baca di artikel Kerugian mlm

2. Lokasi pekerjaan

Pekerjaan hanya sampingan ingat, belajar tetap menjadi prioritas. Pastikan lokasi pekerjaan yang kamu pilih jangan terlalu jauh sepertinya sudah tidak perlu di ingatkan lagi ya soal lokasi, udah pada sewasa pasti udah bisa  memikirkannya.

Hanya saja saya menyarankan untuk mencoba bisnis online akan lebih mudah menjalankannya. Untuk artikel seputar bisnis online bisa kamu baca di Label bisnis

Yang jarang jadi perhitungan dalam lokasi kerja adalah biaya transportasi, cobalah mencari tempat kerja yang dekat dengan kampus atau rumah kamu.

Dengan begitu dapat meminimalisir biaya transportasi.

3. Pastikan kamu bisa mengatur waktu

Ketika kamu bekerja sambil kuliah waktu mu pasti akan terpotong dimana kamu harus kuliah bekerja dan belajar, serta waktu mu buat berkumpul sama teman teman ataupun keluarga kamu pasti akan berkurang.

Karena itu pandai pandailah mengatur waktu gunakan waktumu sebaik mungkin.

Jika kuliah pagi dan dan siang sampai sore bekerja manfaatkan malam mu untuk belajar. Dan sebagaimana sebaliknya.

Yang paling penting adalah jangan sampai tidak ada waktu untuk berkumpul dengan keluarga atau teman teman kamu.

#tips
Jika tugas kuliah kamu banyak tidak ada salahnya kamu membawa peralatan mengerjakan tugas bisa juga kamu mencicil tugas kuliah mu saat istirahat kerja atau di waktu waktu luang yang lain.

Terakhir. Dengan kuliah sambil bekerja kamu akan lebih mengerti bagaimana susahnya untuk mendapatkan uang sehingga akan lebih menghargai "pembiayaan orang tua" serta membuat kita berpikir lebih sebelum membelanjakan uang.
Hlaiki

0 Response to "✓kuliah sambil kerja, pertimbangan apa sih yang perlu di pikirkan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel