Macam Macam Amalan Bulan Ramadhan Yang Mudah dilakukan

ketika bulan ramadan akan datang sudah kah kalian siapkan diri menyambutnya? sudah kah siap menghadapi hari tanpa makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari? apakah sudah siap menundukkan pandangan agar tidak rusak pahala puasa kalian? jika belum segera siap kan sebelum bulan ramadhan datang, kenapa? kita semua sudah mengetahui bahwa bulan ramadhan adalah bulan yang istiwema dimana diam di anggap beribadah , amalan amalan di lipat gandakan dan banyak sekali kelebihan kelebihan nya. sebelum membahas amalan amalan di bulan ramadhan sedikit tips menyambut datang nya bulan ramadhan. *mencuci semua baju baju kotor, dengan melakukannya sebelum datang bulan puasa tentunya kalian akan menjadi punya lebih waktu untuk beribadah di bulan puasa. dan juga dapat menghemat tenaga kalian untuk yang mencuci tidak menggunakan mesin cuci.

*membersihkan rumah dan kamar kamar, dengan rumah ataupun kamar yang bersih tentunya kalian akan bisa lebih nyaman dalam beribadah dan dapat berlama lama dalam beribadah.
bisa langsung kalian praktekan di rumah.

*melakukan pekerjaan yang berat sebelum ramadhan. sebagainmana kita adalah manusia biasa yang tk bisa lepas dari kesibukan kesibukan kota maka ada baiknya jika kesibukan ataupun pekerjaan berat anda bisa dilakukakn sebelum datang bulan ramadhan jika memang bisa dilakukan sebelum ramadhan
saya ingatkan lagi karena memang puasa ramadhan tidak dilakukan setiap hari berikut adalah niatnya :
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدٰإِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هٰذِهِ السَّنَتِ لِلّٰهِ تَعَالَي

selanjutnya tentang amalan amalan di bulan ramadhan
1.Ta'jil (menyegerakan buka puasa)
yang mengartikan takjil disini adalah menu berbuka puasa mereka salah kaprah ta'jil di sini adalah meyegerakan berbuka puasa

2.shodaqoh
dalam bulan puasa kita memang di anjurkan untuk memperbanyak shodaqoh, jika kalian mengartikan shodaqoh hanya dengan bentuk materi kalian salah. shodah itu tidak hanya berbentuk materi. namun juga berupa fikiran maupun tenaga.

3.membaca Al-Quran
sebenarnya bukan hanya di bulan puasa kita harus membaca Al-quran namun juga di hari hari biasa hanya saja lebih di tekankan di bulan mulia tersebut tentu nya karena dilipat ganda kan nya pahala nya. bagaimana dengan membacanya memakai mix di mushola atau masjid? ini adalah hal yang baik selain mengingatkan yang lain agar mau membaca Al-quran kita juga mendapat pahala. asal tidak dengan niat pamer bahwa suara kita merdu atau kita sudah pandai dalam membaca Al-quran.

4. sholat malam
untum kalian yang tidak biasa bangun sebelum subuh untuk sholat malam dengan datang nya bulan mulia ini kalian akan menjadi lebih mudah bangun malam selain untuk sahur juga untuk melakukan sholat malam terimakasih lah kepada tukang ronda maupun orang tua kalian yang sudah membangunkan kalian.

5. memberikan menu buka puasa kepada orang lain.
hampir sama dengan shodaqoh tapi lebih ditekankan jika mampu shodaqoh berupa makanan untuk orang berbuka.
BACA JUGA : Tips ampuh kuat berpuasa ramadhan

6.sholat tarawih
ini adalah amalan sunnah yang sudah umum namun juga mudah dalam menjalaninya karena melakukannya adalah dengan berjamaah, karena kita kan selalu malas jika melakukan sesuatu dengan sendirian.

7.perbanyak membaca istighfar
dengan ilmu kita yang sangat sedikit, sangat memungkinkan kita untuk melakukan perbuatan haram namun tanpa kita ketahui, karena itu kita selalu diwajibkan membaca istighfar.

8.Menghidupkan 10 malam terakhir bulan ramadhan
apa maksud menghidupkan disini? yaitu dengan kita membaca Al-quran, sholat malam, wiridan ataupun amalan amalan yang lainnya. karena banyak ulama yang berpendapat bahwa malam lailatul qodar itu berada di malam malam ganjil 10 hari terakhir bulan puasa.

sedikit tambahan bahwa di bulan puasa terbagi menjadi tiga yang pertama adalah rahmat kedua maghfiroh ketiga pembebasan dari neraka.
sakarang terserah kalian apakah kalian akan menjadikannya waktu waktu memperbanyak ibadah memperbanyak pahala kalian atau malah menyianyiakan bulan ramdhan ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Macam Amalan Bulan Ramadhan Yang Mudah dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel