Kenapa harus menghafalkan ilmu? baca ini!!

sebagai murid ataupun santri pasti kita pernah di suruh untuk menghafal ilmu yang di ajarkan guru kita. tapi!! kebanyakan dari kita tidak mau bahkan malah meremehkannya padahal menghafalkannya adalah hal yang sangat penting. memang saat kita masih dalam proses belajar belum mengetahuinya namun setelah sekolah pasti kita akan merasakannya.

dan saya tidak ingin timbul penyesalan di hati kalian karena tidak menghafal apa yang di perintahkan guru kalian.karena itulah tulisan ini saya buatkan untuk kalian terutama kalian yang masih dalam tahap belajar.

saya punya sebuah cerita motivasi akan pentingnya menghafal ilmu.
dikisahkan pada zaman dahulu pada saat imam ghazali masih kecil beliau belajar fikih pada ahmad bin muhammad Ar-Radzikani, kemudian beliau melanjutkan belajarnya di jurjan dengan berguru kepada Abi Nashr Al Ismaili. selama masa belajarnya beliau selalu menuliskan ilmu ilmu ataupun keterangan  penting yang dia dapatkan dari gurunya dalam sebuah buku catatan kecil.kemudian dalam perjalanan pulang ketanah kelahirannya beliau dirampok oleh sekelompok penjahat. dan dengan memaksa para perampok itu menjarah semua barang bawaan beliau dan hanya menyisakan baju yang beliau pakai. setelah melakukan aksinya tersebut para penjahat itu pergi jauh dan Imam ghazalipun mengejarnya sehingga dapat menemui pemimpin para perampok tersebut. dan terjadilah sebuah percakapan,
        Perampok : "pergilah kamu jika tidak kamu akan mampus..." gertak dari pemimpin perampok tersebut.
        Imam Ghazali : "demi Allah yang aku mengharapkan keselamatan hanya pada-Nya. aku hanya minta engkau untuk mengembalikan buku catatan kecilku. itu tidak ada manfaatnya sama sekali bagi kalian"
        Perampok : "apa isi buku ini?"
        Imam Ghazali : " buku itu berisi catatan-catatanku dari kitab yang aku baca, dan keterangan yang aku dapat dari guruku, dengan buku itu aku dapat mengetahui ilmu kitab dan juga keterangan yang aku dapat dari guruku.
        perampok : (tertawa terbahak-bahak) "ha ha ha... bagaimana kamu bisa mengaku bahwa kamu mengetahui ilmu sedangkan buku catatan itu sudah aku ambil" kemudia pemimpin perampok tersebut memerintahkan anak buah nya untuk mengembalikan buku catatan itu kepada Imam ghazali.
           perkataan menyindir dari pemimpin perampok tersebut begitu menghujam ke dalam hati imam ghazali. memang kalam hikmah bisa datang dari mana saja. "انظر ما قال ولا تنظر من قال" "lihat apa yang dikatakan jangan lihat siapa yang mengatakan". semenjak kejadian tersebut Imam Ghazali bertekad akan menghafal apa yang ada dalam buku catatan tersebut dan semua ilmu yang didapatkannya.
dari kejadian diatas terlihat jelas kenapa sangat penting untuk menghafal ilmu, jika kita hanya menulisakan nya dalam buku setelah buku itu hilang ilmu yang kita dapatpun akan hilang. jika sekarang kalian masih dalam proses belajar mungkin kalian belum merasakannya, namun beberapa tahun yang akan datang jika kalian tidak menghafalkannya kalian pasti akan merasakannya pahitnya kehilangan ilmu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa harus menghafalkan ilmu? baca ini!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel