Inilah Tujuan Dalam Mencari Ilmu Yang Harus Diketahui

Dari dulu bahkan dari lahir kita memang sudah diwajibkan untuk mencari ilmu karena itu untuk kali ini mari kita bahas tentang sebenarnya apa sih tujuan kita menuntut ilmu? Udah susah susah berangkat aja sudah terasa berat, harus ngerjain tugas kalau ada, itu untuk yang serius mencari ilmu kalau untuk yang nggak serius sih pasti berangkat kesekolah asal masuk duduk dengerin pelajaran istirahat kekantin beli jajan lalu pulang, besok sekolah lagi sudah lupa dengan apa yang di ajarkan kemarin.

Mau masuk aja udah alhamdulillah apa lagi mau ngerjain tugas di rumah alhamdulillahnya dua kali. nah sekarang apa sih tujuan kita mencari ilmu itu ini hampir sama dengan yang di dawuhkan imam ghozali silahkan simak penjelasan di bawah ini, sebelumnya saya kutipkan sebuah syair yang saya dapat dari guru saya,
نويت تعلما لنيلي رضي الله * وازالة الجهل عن نفسي وغيره
 ولإحيإ الدين ولشكر نعمة * بنية صديقة مع توكل
Untuk yang sudah tau artinya pasti bisa langsung tahu menyimpulkan, untuk penjelasan lebih lanjut silahkan di simak
1. MENCARI RIDHO ALLAH
    Jadi tujuan paling utama dalam mencari ilmu adalah mencari ridho Allah semua muslim pasti sudah tau
طلب العلم فريضة علي كل مسلم و المسلمات
Mencari ilmu itu kewajiban bagi setiap orang islam laki laki maupun perempuan, oleh karena itu dengan kita mencari ilmu kita sudah menggugurkan salah satu kewajiban kita, kita telah melaksanakan apa yang di perintahkan kepada kita dan tentunya Allah pasti akan memberikan ridho-Nya dengan kita menjalankan perintah-perintah nya, dan dengan di ridhoinya kita insya Allah akan menambah barokah hidup kita, rezeki kita dan lain lain.
2.MENGHILANGKAN KEBODOHAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN
     yang kedua adalah menghilangkan kebodohan terutama untuk kita sendiri, mengapa demikian karena untuk mengetahui halal dan haram suatu perkara itu adalah dengan ilmu, tanpa ilmu bisa jadi kita terjerumus kedalam keharaman yang tanpa kita sadari. yang tentunya Allah tetap menetapkan dosa kepada kita jika kita tidak mau mencari ilmu.
     lalu selanjutnya adalah untuk menghilangkan kebodohan orang lain terutama keluarga kita. Banyak sekali di kalangan orang awam yang tidak tahu bahwa dirinya sedang dalam melakukan hal hal yang di larang, dan jika kita mengetahui nya kita dan kita tahu itu adalah hal hal yang di larang dalam agama maka kita wajib memperingatkan nya. Dengan memperingatkannya insyaAllah pasti Allah memberikan kita pahala, karena telah menghilangkan kebodohan atau ketidaktahuan orang lain dengan kata lain menyelamatkan orang lain dari siksaan dosa.
3. MENGHIDUPKAN AGAMA
     buat kalian yang sedang mencari ilmu terutama ilmu agama, tujuan kalian mencari ilmu adalah untuk menghidupkan agama Allah. jika semakin banyak orang yang tidak mau mencari ilmu maka lama kelamaan pasti akan hilang ilmu tersebut dan agama akan hilang cahaya nya. Dengan kalian mencari ilmu dan membagikannya, kalian sama dengan menghidupkan kembali cahaya agama Allah. Yang terpenting dalam poin ini adalah kalian harus yakin siapa saja yang menghidupkan agama Allah pasti Allah juga akan menghidupi kalian.

Baca juga : kenapa kok harus santri yang pantas jadi menantu?

4. MENSYUKURI NIKMAT
     selanjutanya adalah mensyukuri nikmat, memang banyak sekali cara bersyukur salah satunya adalah mensyukuri kesehatan jasmani rohani dan fikiran dengan mencari ilmu, dan kita memang di wajibkan untuk mensyukuri nikmat dan jika kita mensyukuri nikmat yang telah di berikan kita, Allah akan menambah kenikmatan kepada kita. dan juga tidak akan beda nya antara hewan dan manusia yang tidak mau menggunakan akal nya.
5. DISERTAI NIAT SHODAQOH DAN TAWAKKAL
     mengapa demikian? karena dengan jika kita memang tidak bisa bershodaqoh dalam bentuk materi kita bisa bershodaqoh dengan ilmu yang kita dapat kan yang sekaligus dapat menjadi amal jariyah kepada kita setelah kita wafat nanti. Dan juga harus disertai tawakkal setelah menjalan kan perintah Allah untuk mencari ilmu kita tidak usah mengharapkan yang lain lain cukup dengan mengharapkan ridho dari Allah. Dan berdo'a agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
     Dan itulah tujuan menuntut ilmu jika kalian masih ada fikiran sebenarnya apa tujuan kita menuntut ilmu dan kenapa kita harus menuntut ilmu semoga hal di atas dapat menjadi jawaban atas kalian semoga bermanfaat. Satu yang perlu di garis bawahi "siapa yang menghidupkan agama Allah pasti Allah juga akan menghidupkannya(memberikan kemudahan rizki, umur yang panjang, ilmu yang bermanfaat dll.)"

0 Response to "Inilah Tujuan Dalam Mencari Ilmu Yang Harus Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel