Alasan Orang Merokok Dan Cara Berhenti Merokok

saya tahu anda bisa saja salah satu dari kedua bagian orang orang ini.yang pertama adalah orang yang tidak merokok jika kalian bukan perokok mungkin kalian hanya ingin tahu mengapa banyak sekali orang merokok? silahkan simak lebih lanjut..


yang kedua adalah orang yang merokok. jika memang anda perokok. mungkin ketika di tanya kenapa anda merokok anda hanya bisa jawab karena enak nikmat atau karena kebiasaan. tapi itu hanya jawaban sebagian besar orang,diluar sana masih banyak alasan alasan orang merokok.

saya tidak menginginkan alasan ini kalian jadikan sebagai jawaban ketika di tanya kenapa kalian merokok, saya hanya ingin berbagi oke, langsung saja..

1. HANYA UNTUK MENGISI WAKTU LUANG
kalian pernah lihat seseorang tetangga atau orang orang yang di pinggir jalan tongkrongan di depan rumah dan mereka merokok? dan kebanyakan dari mereka merokok hanya untuk mengisi waktu luang. dari pada nganggur tidak ada kerjaan apa apa enak nya merokok sambil tongkrongan sama temen temen.

2. MENGHILANGKAN STRESS
alasan merokok lainnya adalah menghilangkan stress ketika perokok mendapatkan masalah atau lagi dilanda musibah hidup nya mereka dapat menenangkan pikiran mereka, bagi para perokok rokok memang dirasa bisa menjadi obat stres. karena memang rokok sendiri memiliki suatu zat yang dapat merangsang otak dan memberikan ketenangan.

3. KARENA PERGAULAN
     banyak sekali orang yang pada awal mulanya mereka tidak merokok namun akhirnya mereka merokok juga karena pergaulan atau teman teman nya banyak yang merokok, ya mungkin karena di ujuk ujuk i teman nya untuk merokok dan akhirnya dia merokok juga. seperti yang terjadi sekarang pada kids jaman now

4. INGIN MENCOBA
     banyak sekali orang orang yang tidak pernah merokok bahkan sekali saja dalam hidupnya dia tidak pernah merokok. namun yah dari pergaulan yang salah atau memang dari keinginan diri sendiri dia menjadi ingin mencoba yang namanya rokok. kenapa hanya menghirup asap mereka para perokok bilang rasa nya enak, dan akhirnya dia ingin mencoba nya dan jika dia juga merasakan keenakannya merokok pasti dia berlanjut merokok juga.

5.AGAR MENDAPAT PENGAKUAN
     banyak sekali orang perokok terutama untuk anak anak SMP atau SMA mereka merokok hanya untuk mendapatkan pengakuan, agar di akui berkuasa agar di akui pemberani dan tidak di anggap orang yang cupu kuper atau yang lain nya.

6.MEROKOK MENAMBAH PERCAYA DIRI.
     berdasarkan pengalaman saya, ketika kalian kalian berada di suatu kumpulan atau kegiatan sosial yang orang orang nya kebanyakan lebih tua dari kalian dan dari mereka banyak yang merokok, pasti ada rasa canggung malu malu dll. namun ketika kalian merokok kalian akan merasakan kepercayaan diri kalian yang meningkat serta menjadikan kalian lebih berani untuk brrbicara.

7. HANYA TIRU-MENIRU
     kebanyakan orang merokok itu hanya meniru kan orang orang yang lebih tua dari nya. ada perkataan menjengkelkan ketika ditanya kenapa merokok dan dijawab " Biarin ayah ku juga merokok" ini alasan yang sangat tidak berbobot karena hanya tiru meniru tapi dapat dengan mudah berhenti merokok jika memang belum kecanduan

     masih banyak sekali sebenarnya alasan orang orang merokok, dan akan sangat panjang jika saya tuliskan semua, namun bagaimanapun alasan kalian merokok bahaya dari rokok tak akan pernah bisa lepas dari kalian. bermacam-macam zat didalamnya dapat merusak kesehatan anda, Mulai dari..

*Nikotin, yang dapat menyebabkan ketagihan kecanduan, dapat merusak jaringan dalam otak, menutupi arteri sehingga menghambat peredaran darah.

*Tar, zat ini sangat berbahaya dalam paru paru karena dapat menyrbabkan iritasi dalam paru paru dan jika berlanjut dapat menyebabkan kanker.
*Karbon monoksida, sudah tidak asing lagi bagi kita apa itu karbon monoksid yaitu asap entah dari kendaraan maupun pabrik, zat ini dapat mengikat hemoglobin dalam tubuh kita sehingga tubuh kita kekurangan oksigen serta merusak sel sel dalam darah kita.
selain bahaya untuk diri sendiri juga membahayakan lingkungan dan masyarakat sekitar apa kalian tidak merasa kasihan dengan mereka yang tidak merokok namun juga terkena dampak buruk dari rokok kalian?.

lalu bagaimana merokok dalam agama islam?

     sampai sekarang hukum merokok masih dalam perdebatan ada yang mengharamkannya karena alasan dan dasar tertentu. dan ada yang membolehkannya karena tidak ada dalil nash qoth'i yang mengharamkan rokok. lalu bagaimana dengan kita? khususnya kalian yang merokok. apa harus berhenti merokok? semua nya terserah kalian tapi saya sarankan untuk ikut saja kepada kyai yang kalian ikuti dan jangan ikut ikut yang lain.
 kenapa saya menyarankan untuk mengikuti kyai kalian? karena ilmu kalian ilmu saya ilmu kita ini masih sangat sedikit di banding dengan ilmu para kyai kyai kita. dan kita juga tidak akan mampu untuk menentukan hukum nya sendiri. sebagimana pendapat tentang do'a qunut dalam sholat subuh ada yang menyunahkan ada yang tidak. jika kyai kita memakai qunut dalam sholat subuh tentunya juga kita akan memakai qunut dalam sholat subuh kita, dan kita juga tidak boleh ikut ikut yang tidak memakai qunut begitu pula sebaliknya. pada intinya adalah ikut manut kepada kyai kalian.

ada sedikit tips jika anda perokok berat dan ingin berhenti merokok anda bisa mencoba cara cara berhenti merokok di bawah ini
     1. ketika anda bepergian bawalah rokok dan permen.
jika ingin merokok, jangan ambil rokok kalian, tapi ambilan permen dan kalian makan. ini memang cara yang sederhana namun akan berhasil jika kalian memiliki niat yang kuat, atau kamu bisa juga menggunakan obat obatan alami. untuk berhenti merokok, bisa kamu beli di apotik apotik dekat rumah kamu.
     2. kurangi bergaul dengan orang yang merokok.
lingkungan memang sangat mempengaruhi terhadap kehidupan kita, dengan menjauhi orang yang merokok keinginan merokok kalian tidak akan bangkit, namun bila kalian tidak dapat menjauhi orang yang merokok dan terpaksa harus tetap bersama mereka, berarti kalian harus jauhi rokok nya bukan orang yang merokok.
     3.hindari menganggur dengan berlebihan
jika kalian sering menganggur karena pekerjaan sudah selesai atau karena memang tidak ada kerjaan jika kalian perokok pasti kalian pikiran kalian akan mengajak untuk merokok. tapi akan lebih baik jika kalian tidak mengikuti ajakan pikiran kalian dan melakukan hal hal yang bermanfaat membersihkan rumah, kamar, atau hal hal yang bermanfaat lainnya.
     4.beritahu teman teman terdekat kalian jika kalian ingin berhenti merokok.
kenapa harus teman teman terdekat? bukan semua orang? jika kalian memiliki pertanyaan berikut kalian cukup pintar tapi kenaoa saya menyarankan kepads teman teman terdekat? karena kebanyakan dari mereka pasti akan mendukung niat baik kaliam bahkan mereka akan menjadi sungkan untuk merokok di depan kalian, dengan ini rasa ingin merokok kalian tidak jadi bangkit. namun jika kalian memberitahu ke orang banyak, bisa jadi mereka malah akan menggoda kalian dan mengujuk ngujuki kalian merokok.
    5.ulangi semua hal di atas jika gagal.
kenapa? mungkin kalian belum niat dengan bersungguh sungguh. dan jika kalian berhenti mengulangi semuanya akan gagal. ada sebuah ungkapan. "jika gagal coba lagi jika jatuh bangkit lagi jika kalian berhenti semua nya selesai".

0 Response to "Alasan Orang Merokok Dan Cara Berhenti Merokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel