Cara promosi di instagram untuk meningkatkan penjualan bisnis online

Cara promosi di instagram untuk meningkatkan penjualan bisnis online

halo sobat pe bisnis online banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk promosi online produkmu.

tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang di namakan instagram ini. iya media sosial yang biasa di gunakan oleh orang orang untuk share foto maupun video singkat.

seiring berjalannya waktu instagram kini digunakan oleh banyak pebisnis online untuk mempromosikan produk nya, ini bisa jadi cara cepat dan mudah untuk meningkatkan penjualannya.



jika kamu masih pemula dalam hal ini dan masih sulit untuk melakukannya. nah oleh karena itu artikel ini di buat untuk membantu kamu yang masih pemula yang ingin sukses dengan iklan di instagram. sekaligus yang ingin mendapatkan tips tambahan agar jualannya di instagram laris.
langsung saja ke topik.

"bagaimana cara promosi di instagram untuk meningkatkan penjualan bisnis online?"

untuk yang pertama kamu bisa mengubah akun instagram kamu menjadi akun bisnis. dengan begitu kamu baru akan bisa menjalankan iklan di instagram.

saya tidak mengharuskan langkah di atas, jika kamu tidak ingin menggunakan akun instagram kamu jadi akun bisnis karena kamu merasa akun tersebut adalah akun pribadi kamu bisa abaikan langkah diatas.
untuk cara promosi di instagram di bawah ini, terserah kamu mau menggunakan akun bisnis instagram ataupun akun pribadi.

1. Manfaatkan hastag jualan di instagram dengan sebaik mungkin

dalam cara promosi di instagram yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari hastag yang sesuai dengan bisnis online yang kamu jalankan, contoh jika kamu seorang pe bisnis dalam bidang makanan cari hastag tentang makanan. selain itu jangan lupakan hastag demografi.

"hastag demografi?? apa itu mas??"

itu adalah hastag dimana kamu jualan. jika kamu jualan di kota A bisa kamu tambahkan hastag kota A
contoh : 
(caption kamu)
#kulinerindonesia
#kulinerkotaA
#kuliner2017
dll yang relevan dengan bisnis kamu.
selain itu kamu juga harus memberikan hastag tambahan tentang produk kamu.
#produkkamu itu akan mempermudah orang orang untuk menemukan produk kamu lebih tepatnya "hanya prosuk kamu"

2. posting foto terbaik kamu di instagram

ini adalah hal penting dalam promosi di instagram. semua pelanggan itu menilai suatu produk apalagi produk online itu dari tampilannya. foto yang menarik pasti akan banyak mengundang perhatian para calon customer kamu.

gunakan efek efek foto di instagram semaksimal mungkin. untuk foto produk jika itu benda yang kecil kamu bisa kasih background putih. karena putih itu produk kamu akan terlihat lebih bersih dan menarik pertahatian dan warna biru akan lebih memanjakan mata para calon pelanggan kamu serta jangan lupakan pencahayaan yang pas. namun jangan buat semua foto promosi online di instagram kamu dengan warna putih dan biru.

3. tunjukan keprofesionalan produk dan akun instagram kamu

perlu kamu ketahui keprofesionalan bisnis ini adalah hal penting. para konsumen akan lebih memilih membeli kebutuhan atupun hal yang mereka inginkan hanya kepada "toko" yang memiliki keprofesionalan.

disini saya menyarankan jika kamu ingin fokus jualan di instagram kamu bisa ubah akun mu jadi akun bisnis. kalau mau promosi pake akun priibadi juga tidak apa apa.

yang penting adalah fokus pada satu hal yang anda jual, jangan pernah jadi toserba jika berbisnis online jika kamu melakukannya kamu akan sulit untuk mendapatkan pelanggan yang tetap. faham kan?

4. buat username instagram kamu sesederhana mumgkin, mudah dihafal dan diketik.

kebanyakan pelanggan itu dapat menemukan bisniss online mu di instagram dengan mencari nya di kolom pencarian instaram. untuk itu kamu harus buat username yang mudah di ketik.
contoh ketika kamu toko kamu di beri nama "al amanah" kamu bisa membuat username @almakediri bisa kamu tambahkan nama kota tempat bisnis kamu. simpel namun bermanfaat.

yang terpenting jangan buat username instagram kamu dengan karaktertambahan seperti titik,koma,strip, angka atau yang lainnya.

5. lakukan pemendekan alamat web jualan kamu

ini terkhusus untuk kamu yang mempunyai web untuk jualan online.  jika kamu mempunyai web jualan online kamu bisa menambahkannya di bio instagram kamu.
untuk alamat pemendek url kamu bisa menggunakan pemendek url goo.gl pemendek url asli dari google. itu akan menambah keprofesionalan merek kamu.

selain itu di karenakan teks di instagram yang terbatas dan jika ada yang menanyakan tentang kelebihlanjutan tentang produk kamu. bisa kamu arah kan ke alamat webmu yang sudah di pendekkan urlnya. ini akan mempermudahm menjelaskan produk atau menghadapi pertanyaan pertanyaam dari calon customer.

6. hindari penjualan instan, tetap fokus pada manfaat produk

yang namanya promosi semua orang pasti ingin segera melakukan penjualan. dengan posting setiap hari tentang produkmu.

hindari hal seperti ini, hal ini hanya akan menjadikan akun instagram mu seperti papan iklan. tahukan apa yang di lakukan banyak orang terhadap papan iklan. bukannya mereka tertarik malah akan menghindarinya. 

lebih baik berikan informasi tentang produkmu dengan copywritting yang bersifat seperti cerita yang membuat orang lain tertarik. untuk itu kamu perlu belajar tentang copywritting* yang baik.
*copywritting adalah teknik jualan online yang akan membuat para calon pelanggan akan selalu ingat dan kebayang-bayang dengan produkmu

7. jangan hanya gunakan instagram sebagai satu-satunya media promosi kamu.

memang baik jika hanya promosi di satu media sosial namun akan lebih baik jika kamu bisa melakukannya dibanyak media.
namun saya ingin anda fokus dalam satu saja.
maksud dari jangan hanya gunakan inatagram di atas adalah jangan hanya benar benar menggunakan instagram sebagai satu satunya media promosi.

untuk itu kamu bisa menggunakan media sosial lainnya seperti facebook ataupun twitter.
dengan catatan beri link yang mengarah ke akun instagram mu, lebih tepatnya promosikan instagram bisnis kamu ke berbagai media sosial bukan mempromosikan produk disemua media sosial.

8. catat hasil hasil nya, lakukan pendataan terhadap promosi di instagram mu

yang namanya promosi itu juga butuh pendataan apa saja yang harus di data?
kamu bisa mulai pendataan dengan hastag instagram yang kamu gunakan. kamu bisa mencoba banyak hastag dan lihat hastag mana yang lebih mengundang like dan komentar.

selain itu cara promosi di instagram yang harus kamu perhatikan adalah jumlah view dari postingan kamu. pada intinya lakukan percobaan demi percobaan untuk mengetahui mana yang pas dan lebih fokus agar mudah melakukan penjualan.

9. beritahu pelanggan kamu bahwa kamu sekarang berada di instagram

jika sebelumnya kamu mempromosikan produk di facebook twitter ataupun media sosial yang lain kamu bisa memberi tahu mereka dengan memberikan postingan semisal di facebook kamu yang memberitahukan bahwa kamu sekarang juga menggunakan instagram, jangan lupa berikan alasan kenapa mereka harus mengikutimu di instagram. 

selain itu untuk menarik perhatian pelanggan kamu bisa memberikam diskon atau bonus menarik yang hanya bisa di lakukan dengan mengikutimu di instagram terlebih dahulu.

tips tambahan ketika kamu memosting produk di instagram jangan lupa untuk mengshare nya ke media lain seperti twitter dan facebook

10. terlibatlah dengan para audiens kamu

terlibat bagaimana maksudnya?
kamu bisa menyukai postingan mereka terlebih dahulu memberikan komentar. tanggapai komentar atau pertanyaan dari pelanggan di pstinganmu, ucapkan terima kasih jika memberikan sesuatu yang menguntungkan untukmu.

pokok nya jalin hubungan dengan orang orang di instagram.
ini bisa jadi cara promosi di instagram yang baik karena akan mudah menambah pengikut sekaligus calon pelanggan kamu.

ketika mereka sudah sering melihat atau "bercengkrama" dengan akunmu mereka akan lebih mengenal dan percaya, dan akan mempermudah penjualan produkmu.

11. teteap lakukan promosi tapi jangan over

ketika kamu sudah merasa banyak yang menyukai ataupun komentar atau bahkan ada yang sudah menjadi pelanggan tetap. yang harus kamu lakukan adalah tetap berpromosi. jika tidak begitu akun kamu akan di cap sebagai akun yang tidak aktif. dan bisa bisa pelanggan kamu pada hilang entah kemana.

ketika memposting usahakan kamu menggunakan hastag yang berbeda beda. dengan begitu kamu akan banyak di kenal oleh para pengguna instagram. untuk memperluas promosi kamu lebih tepatnya. namun jangan lupa gunakan hastag yang relevan dengan produk kamu.

jangan gunakan hastag kuliner kalau kamu jualan kaos. hanya karena ingin memperluas pemirsa dari promosi kamu. bisa jadi merek kamu malah di cap murahan oleh para pengguna instagram.

12. Tirulah orang lain

dalam bisnis sudah tidak asing lagi dengan yang di namakan ATM (amati tiru modifikasi) ketahui para pesaingmu lakukan research apasaja hastag yang mereka gunakan. bagaimana cara mereka promosi di instagram.
foto model apa saja yang banyak menarik like dan komentar.
jika sudah melakukannya catat datanya dan kamu pikirkan jika mereka melakukannya seperti itu kamu harus bisa lebih baik dari mereka yaitu dengan yang M (MODIFIKASI) lakukan yang tidak mereka lakukan agar bisnis online mu lebih unggul dari mereka. jika kamu masih belum bisa, tak ada salahnya cukup sampai di T(tiru) apa yang mereka lakukan.

13. berikan postingan di luar promosi.

banyak orang yang merasa jenih jika hanya melihat iklan iklan dan iklan di instagram atau media sosial yang lain.
untuk itu kamu bisa memposting foto maupun video yang masih berhubungan dengan bisnis kamu namun tidak berisi promosi. tapi masih tetap memberikan manfaat kepada para pengikutmu.
itulah 13 cara promosi di instagram yang bisa kamu lakukam dengan mudah dan gratis.

0 Response to "Cara promosi di instagram untuk meningkatkan penjualan bisnis online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel