Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Bisnis Online Yang Akan Meningkatkan Penjualan Bisnis Kamu

Cara menggunakan whatsapp untuk bisnis online
      di zaman yang modern ini media sosial dan berbagai aplikasi chatting telah mengubah cara kita dalam melakukan komunikasi.
oleh karena itu banyak orang yang manfaatkan aplikasi chat untuk mendongkrak bisnis mereka.
media sosial tersebut salah satunya adalah whatsapp,


aplikasi yang sudah memiliki pengguna lebih dari 1 miliyar di seluruh dunia tersebut, dimanfaatkan oleh para pebisnis khusus nya bisnis online, mereka memiliki tips sendiri sendiri tentang cara menggunakan whatsapp untuk meningkatkan omset penjualan bisnis online nya.

selain itu mereka menggunakan whatsapp untuk mengatasi masalah komunikasi dengan pelanggan mereka.
apakah kamu juga termasuk pe bisnis online yang sulit berkomunikasi dengan pelanggan?

whatapp bisa jadi solusi bisnis kamu dalam hal komunikasi.
apalagi aplikasi tersebut di lengkapi dengan fitur fitur yang mempermudah kamu kontak langsung dengan para pelanggan.

"lalu bagaimana cara menggunakan whatsapp untuk bisnis online kamu?"

CARA MENGGUNAKAN WHATSAPP UNTUK BISNIS ONLINE
Berikut adalah cara yang bisa kamu terapkan dengan aplikasi tersebut untuk mendongkrak bisnis kecil kamu agar lebih maju dan meningkatkan omset penjualan.

sebelumnya lebih baik kamu membuat grup whatsApp untuk para calon pembeli maupun reseler dari bisnis kamu.

lalu apa saja yang bisa kamu lakukan dengan whatsApp untuk bisnis kamu?

BERIKANLAH LAYANAN PELANGGAN YANG REAL-TIME
diluar sana banyak bisnis kelas menengah yang tidak bisa memberikan layanan real-time, apakah kamu juga termasuk?

untuk itu WhatssApp adalah jawaban yang tepat, dengan aplikasi tersebut kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan, menjawab langsung pertanyaan mereka.

apalagi dengan aplikasi tersebut kamu bisa mengirim pesan suara, foto, dan video yang bisa kamu gunakan untuk memberikan pelayanan terbaik.

"wah real-time mas? 24 jam dong?"

ya seharusnya memang begitu jika barang yang kamu jual memang membutuhkan panduan penggunaan yang agak sulit misalnya seperti software aplikasi atau yang lainnya.

namun kamu juga bisa membentuk tim kecil untuk mempermudah menjalankan pelayanan kamu. jika kamu pebisnis online pribadi bisa kamu kasih keterangan jam buka dan jam tutup untuk Customer service nya bisnismu.

KAMU BISA MEMBERIKAN DUKUNGAN KE PELANGGAN DENGAN MUDAH 
suatu bisnis kadang harus melakukan yang namanya dukungan pelanggan,

"apasih dukungan pelanggan itu?"

begini saja contohnya kamu menjual setrika uap, ketika kamu sudah menjual nya, dan sampai di tangan pembeli namun si pembeli kesulitan menggunakannya.
kamu bisa memberikan dukungan pelanggan dengan mengirimkan video tutorial cara menggunakannya.

selain itu dukungan pelanggan juga akan menjadikan pelanggan kamu nyaman dengan bisnis kamu.

jika kamu memberikan dukungan yang baik suatu saat jika mereka membutuhkan sesuatu dan itu ada di kamu pasti mereka lebih memilih untuk membelinya ke kamu, walaupun di luar sana banyak orang yang menjual barang yang sama.

MENCARI TANGGAPAN PELANGGAN TENTANG BISNIS KAMU
untuk bisa mendapatkan tanggapan pelanggan atau sering di sebut testimoni ini mudah mudah sulit,
jarang pelanggan yang mau memberikan tanggapan atau feed back.

untuk itu kamu bisa tanya ke anggota grup WhatsApp yang kamu kelola, untuk memberikan tanggapan tentang bisnis yang kamu jalankan.

nah dengan grup tersebut kamu akan lebih mudah mendapat feedback dan tentunya tetap privasilah. kan cuma orang di grup tersebut yang tahu. setelah itu segera perbaiki apa yang mereka keluhkan tentang bisnis kamu.

perlu kamu ketahui tanggapan pelanggan ini adalah salah satu hal penting untuk perkembangan bisnismu kedepan, karena itu dengan adanya WA akan lebih privasi jika ada feedback negatif dari pelanggan.

tanpa menjatuhkan pamor kamu di luar sana. selain itu feedback mereka juga bisa jadi riset pasar ketika mereka membandingkan bisnismu dengan bisnis sejenis diluar sana.

Selanjutnya kamu bisa melakukan chat pribadi

jika kamu sudah punya grup banyak calon pembeli maupun yang hanya ingin diskusi. kamu bisa melakukan promosi produk kamu di whatsApp dengan share di grup atau langsung chat pribadi ke salah seorang di dalam grup.

ingat di dalam grup jangan hanya promosi saja kasih juga tips tips bisnis atau bahasan yang lainnya.

lakukan promosi 3 hari sekali atau seminggu 3 kali saja. jika sekiranya anggota grup anda ada yang minat untuk beli mereka bisa chat pribadi ke kamu langsung, atau kamu yang nawarin barang ke mereka melalu chat pribadi.

selain itu dengan chat pribadi pelanggan akan lebih puas karena bisa langsung chat dengan kamu selaku si penjual. dengan begitu pelanggan bisa menanyakan tentang seputar produk atau minta layanan dukungan.

Mengkhususkan topik di grup

kamu harus bisa menyesuaikan topik grup dengan barang maupun jasa yang akan kamu jual. kamu bisa membagikan video ataupun foto bermanfaat seputar bisnis yang kamu jalankan. misal jika kamu jualan kaos sepak bola tentukan topik di grup yang membahas tentang sepak bola
.
jika salah satu anggota grup suka dan membagikan hal tersebut kemungkinan besar dia akan membagikannya keluar grup, dan jika temannya yang di bagi tersebut suka bisa jadi dia minta di masukan ke grup kamu. dan kemungkinan lagi dia bisa menjadi pelanggan kamu.

Manfaatkan fitur status WhatsApp untuk memberikan promo menarik kamu.

fitur status WhatsApp juga bisa menjadikan alat promosi paling mudah untuk meningkatkan omset penjulan kamu. apalagi jika disertai dengan yang nama nya
"promo".

banyak orang yang melihat kata " promo" akan menarik perhatian mereka dan ingin tahu lebih lanjut.

ketika calon pembeli penasaran dengan produk yang kamu jual. itu bisa jadi mereka memang ingin tahu dan suka, namun bisa juga mereka hanya ingin tahu saja.

karena itu kamu bisa memasukan mereka ke grup yang kamu buat, kamu bisa bilang info lebih lanjut bisa chat di grup, dengan begitu grup kamu akan lebih fokus lagi ke audience yang benar benar minat dengan produk yang kamu jual. bisa jadi mereka akan jadi reseller kamu.

BACA JUGA : fitur tersembunyi whatsapp yang jarang di ketahui

Berikan akses khusus atau mentoring bisnis online gratis

dengan adanya grup wa kamu bisa membagikan ilmu ilmu bisnis yang kamu miliki ke anggota grup audience kamu, untuk itu kamu bisa menggunakan facebook ads untuk promosi grup WA kamu.

masih belum jelas?

intinya kamu bagikan link grup wa kamu ke media sosial semisal facebook dan beritahu mereka bahwa kamu akan membagikan ilmu bisnis gratis, nah di sela sela kamu memberikan ilmu bisnis tersebut kamu bisa selipkan promosi tentang produk yang kamu jual.

ini sangat penting dalam cara menggunakan whatsapp untuk bisnis online, kamu, karena nanti para audiens kamu akan lebih nyaman dengan kamu karena bisa chat secara langsung dengan pemilik produk.

tapi jangan lupa bahasan yang ada di grul harus sama dengan produk yang kamu jual.

Lakukan demo produk kamu dengan status WA 

cara menggunakan WhatsApp untuk bisnis online selanjutnya adalah dengan melakukan demo produk lewat status WA dengan begitu mereka para audiens kamu akan tahu bahwa kamu itu menjual barang yang semacam ini, ini dan ini.

dengan begitu para audiens akan tahu bahwa produk itu tersedia di kamu, walaupun mereka tidak meninginginkannya.
akan tetapi mereka tahu jika produk itu ada di kamu. fungsinya adalah ketika ada teman dari audiens kamu membutuhkan barang tersebut. pasti audiens akan menyarankan temannya untuk membelinya ke kamu.

Berikan hadiah atau bonus ke audiens kamu

cara menggunakan whatsapp untuk bisnis online yang terakhir adalah dengan memberikan bonus kepada audiens kamu, berikan hadiah menarik untuk mendatangkan para pelanggan ke toko online kamu, untuk itu kamu bisa share hadiah yang akan kamu berikan tersebut lewat WA,

misalkan kamu akan akan menjual produk A kamu bisa memberikan hadiah berupa barang C D E dst jika melakukan pembelian barang A 3 buah atau semacamnya saya yakin kamu faham.

Kesimpulannya

lakukan berbagai cara menggunakan WhatsApp untuk bisnis online kamu seperti di atas. manfaatkan fitur fitur WhatsApp yang ada.

seperti status kirim file foto video suara maupun yang lainnya, pada intinya bangun keprofesionalan bisnis kamu dengan audiens secara langsung,

karena dengan WhatsApp kamu bisa langsung bercengkrama dengan para audiens kamu.

namun ingat  jangan hanya promosi melulu tiap hari tiap jam.
kamu harus ingat kalau para audiens kamu bisa hapus bahkan memblokir kontak kamu dengan sekali klik saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Whatsapp Untuk Bisnis Online Yang Akan Meningkatkan Penjualan Bisnis Kamu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel