cara memotivasi karyawan agar dapat bekerja diatas target

cara memotivasi karyawan-memotivasi seseorang itu memang tidak mudah, tapi akan sangat di perlukan jika kamu ingin karyawanmu bekerja lebih baik dan nyaman dengan pekerjaan mereka.
motivasi ini samgat penting untuk mendorong kinerja karyawan untuk bisa melakukan suatu hal agar lebih baik, yang pasti jika mereka lebih baik bisnis mu pun juga akan menjadi lebih baik.

tidak ada yang dinamakan motivasi ajaib tiba tiba karyawan kamu menjadi semangat, mampu melakukan hal lebih dari biasanya, dan selalu termotivasi dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan. orang itu berbeda-beda, dan pemikiran yang berbeda beda pula, karena itu kamu perlu strategi khusus agar sukses dalam menanamkan motivasi ke setiap individu dari karyawan.

dan di bawah ini adalah tips agar karyawan kamu selalu termotivasi dalam melakukan pekerjaan nya, dan merasa bahagia dapat bekerja denganmu.
cara mudah memotivasi  meningkatkan semangat kerja karyawan

1. Perhatikan setiap individu dari karyawanmu menjadi hal penting dalam cara memotivasi karyawan


     kerja tim memang sangat penting dalam perusahaan ataupun bisnis lainnya.kesalahan dalam perusahaan yang besar adalah terkadang mengelompokan sesorang sesuai kemampuannya sendiri sendiri, akibatnya karyawan yang lain akan merasa tidak di perhatikan.

     perlu kamu ketahui perhatian untuk setiap individu ini tak bisa terlepas dari yang namanya cara memotivasi karyawan. karena karyawan yang jarang atau bahkan tidak diperhatikan akan cenderung merasa di isolasi merasa di kucilkan dari lingkungan kerjanya.

     untuk itu coba kamu luangkan waktu sejenak untuk bisa bicara empat mata  dari setiap individu karyawanmu, agar mereka merasa benar benar dihargai dan di anggap ada.

     selain itu untuk memberikan perhatian individu kamu bisa memberikan pujian langsung ke karyawanmu saat mereka bekerja melebihi target, atau melakukan pekerjaan yang bisa di jadikan teladan oleh karyawan yang lain. hal tersebut tidak hanya menjadikan karyawan lebih di akui dan di hargai namun juga mendorong pekerjaan positif dalam diri karyawan yang lain.

     jika ada salah satu karyawan yang kinerjanya buruk atau dia merasa keberatan dengan pekerjaannya. jangan langsung kamu marahi. cobalah untuk mengambil waktu untuk berbicara satu lawan satu dengan nya. cari tahu apa yang menyebabkan kinerjanya buruk. dan berikan dia solusi untuk mengatasi masalahnya tersebut.

     perhatian individu ini merupakan wujud perhatian mu terhadap setiap karyawanmu, di balik banyak nya pekerjaan kantor yang harus mereka selesaikan. untuk itu kamu harus bersedia melakukan langkah ekstra demi memotivasi karyawanmu secara individu, agar perusahaanmu bisa berkembang.


2.berikan kesempatan untuk bisa berkembang

     kebanyakan orang akan mudah bosan jika melakukan hal yang sama berulang-ulang. atau terlalu lama dalam suatu posisi di perusahaan cuma melakukan itu ituu saja, pasti mereka akan cepat bosan. dan kehilangan motivasi.

     namun ketika kamu memberikan sedikit kebebasan untuk mereka agar bisa berkembang dan senyaman mungkin melakukan pekerjaannya, pasti mereka akan termotivasi untuk bekerja lebih keras. selain itu kamu bisa mencoba memberikan tanggung jawab baru untuk mereka yang mau menerimanya.

     dalam hal ini kamu tidak harus memberikan iming iming naik gaji maupun naik jabatan. cukup berikan mereka sedikit kebebasan dari sebelumnya. agar fikiran dan hati mereka lebih terbuka dan dapat bekerja dengan semangat dan selalu termotivasi. pada intinya berikan kebebasan biarkan mereka berkembang dengan cara mereka sendiri sendiri, dengan begitu mereka akan lebih bersemangat untuk bekerja lebih keras.


3. sebagai pemimpin kamu harus memberikan teladan.

cara memotivasi karyawan selanjutnya sebagai pemimpin dalam perusahaan, kamu harus memberikan contoh untuk para karyawanmu, jika kamu memiliki etos kerja yang tinggi, tetap optimis akan segala hal, bahkan ketika  menghadapi masalah yang besar. jika kamu melakukannya karyawanu pun pasti akan cenderung melakukannya juga, jangan pas jadi bos kamu bisanya cuma marah marah saja. sedikit salah di marahi bukannya malah semangat yang ada malah down semua karyawanmu.

     intinya jika kamu melakukan hal yang positif serta melakukan pengertian dan perhatian yang baik. seluruh elemen perusahaan akan lebih termotivasi dalam menjalankan pekerjaannya.

     dalam hal ini jika kamu memiliki perusahaan yang besar dan memiliki berbagai cabang, sangat penting untuk memberitahukannya kesetiap cabang, dengan begitu kamu akan merubah keadaan cabang perusahaan secara dramatis menjadikan karyawan disetiap cabang menjadi lebih termotivasi.

4.Motivator lingkungan mampu menghancurkan maupun membangkitkan motivasi karyawanmu.

     cara memotivasi karyawan selalu berbanding lurus dengan apa yang kamu gunakan untuk membentuk lingkungan kerja milikmu dan ini memiliki dampak besar dalam mental karyawanmu. dalam hal ini tidak ada yang di namakan cara yang benar atupun cara yang salah karena setiap perusahaan memiliki budaya atau kebiasaan yang berbeda beda.

     untuk contohnya suatu perusahaan yang terkadang pakai sekat sekat antar karyawan yang lain, untuk membentuk linkungannya mereka menghilangkan sekat sekat tersebut. untuk membuat karyawan bekerja berbasis tim dan agar lebih terbuka satu sama lain.
itu cuma contoh saja jika di terapkan di perusahaanmu terasa terlalu mainstrim lebih baik pakak cara yang lain sesuai budaya yang ada di perusahaanmu. seperti memberikan ruang istirahat dengan hiasan hiasan dinding, menempelkan poster poster motivasi di dinding dinding kantor.

     kalau poster sih mungkin tidak akan membuat karyawan termotivasi secara langsung namun secara tidak sadar akan membuat mereka nyaman. dan orang akan mudah dimotivasi ketika mereka berada dalam tempat maupun posisi yang nyaman.
selain itu jika kamu merasa ada yang kurang untuk "tampilan" kantormu jangan sungkan sungkan untuk menanyakan ke karyawanmu, agar mereka memberitahu apa yang kurang dari kantor kamu yang menyebabkan mereka kurang nyaman.

5. lakukan sosialisasi antar karyawan.

terkadang orang itu memisahkan kehidupannya yang pribadi dan kehidupan profesional mereka. mungkin karena gengsi ya, di kantor belaga sombong karena sebagai atasan. jangan begitu!!, tapi perlh di perhatikan juga membuat semua orang di kantor teman baik bukanlah hal yang baik karena atas beberapa alasan.

tapi bukan berarti sebagai atasan kamu harus belaga gak mau buat percakapan sama bawahan bawahanmu, lebih baik tetap bersikap ramah, bangun ikatan dalam bekerja agar terasa seperti kerja tim organik, dan jangan membuat karyawan kamu harus bekerja seperti mesin yang selalu di suruh begini begini yang harus di lakukan.

     untuk membangun kerja tim ini kamu bisa meminta para karwayan untuk saling bergaul dengan karyawan yang lain dengan mengadakan berbagai sosialisasi berbasis tim di luar jam kerja. seperti kopdar ataupun kegiatan yang harus di kerjakan berkelompok.
atau yang lebih sederhana lagi semisal makan siang dengan berkelompok agar mereka bisa bicara santai satu sama lain dan saling mengenal lebih dekat.

6. lakukan transparasi dalam komunikasi

ciptakan bisnis yang terbuka dengan karyawan kamu, berbicara secara terbuka dengan apa yang terjadi dengan bisnismu kepada para karyawan, agar mereka tidak sungkan sungkan untuk mendatangimu untuk menyampaikan pendapat ataupun kritikan mereka tentang bisnismu.

kenapa harus tranparasi komunikasi?

karena ketika orang orang mengetahui bahwa kamu tidak menyembunyikan apapun, dan tahu bahwa kamu orang yang dapat menerima kritikan, kemungkinan besar mereka akan menjadikanmu prioritas, dan menganggapmu sebagai pemimpin yang baik.

     dengan begitu akan lebih mudah bagi para karyawan untuk menyampaikan apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai, dengan begitu akan membantu memperbaiki bisnismu dan memajukan bisnismu, karena ketika terjadi komunikasi antar pihak bawahan dengan atasan akan meningkatkan kinerja para karyawan sebagai sebuah tim.

7.Bayar karyawan dengan bayaran yang layak

     mungkin di atas tadi saya bilang untuk memotivasi memang tidak perlu dengan menaikan gaji. memang benar. dan lebih baik lagi kamu sebagai bos jangan semana-mena dengan mereka, yang di namakan orang pekerja itu adalah mencari bayaran. mereka akan cenderung tidak akan mau bekerja jika bayaran mereka kecil.
     lebih baik berikan gaji sesuai dengan posisi dan apa karyawanmu kerjakan. bukannya membeda bedakan tapi mereka pasti juga sadar akan posisi diri mereka di kantor kamu.
yang terpenting adalah nerikan bayaran yang layak.


     semua orang itu tidak pernah sama mereka akan selalu berbeda beda dengan keinginan dan cita cita yang berbeda beda pula. dan tidak ada strategi khusus untuk dapat memotivasi semua karyawan kantor mu sekaligus. ketika ingin memotivasi karyawan cobalah dengan satu cara dulu dan lihat mana yang berpengaruh besar dan mana yang tidak. lakukan pembaruhan setiap waktu.

untuk itu strategi dalam cara memotivasi karyawan secara individu diluar jam kerja adalah yang terbaik, dengan begitu kamu akan bisa mengetahui apa yang mereka inginkan dan tidak mereka inginkan dari setiap individu dan kamu bisa menerapkan cara memotivasi karyawan dengan mengambil persen kegagalan motivasi yang paling minimal, untuk pekembangan bisnis kamu kedepannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel